Senin, 14 Mei 2018

KISI-KISI IPS PAS SEMESTER GENAP KELAS 8 KURIKULUM 2013 TAHUN 2017/ 2018

KISI-KISI IPS PAS GENAP KELAS 8 TP. 2017/ 2018 No SOAL JAWAB 1 Siswa dapat menjelaskan pengertian rumah tangga keluarga Rumah Tangga Keluarga termasuk dalam Rumah Tangga konsumen, pelaku kegiatan konsumsi, menyerahkan Faktor Produksi (ATMO) 2 Siswa dapat menentukan macam-macam pelaku ekonomi RTP, RTK, RTN, Luar Negeri 3 Disajikan beberapa pendapatan rumah tangga keluarga, siswa dapat menentukan macam – macam pendapatan yang didapat dalam rumah tangga keluarga Macam-macam Pendapatan RTK : Profit/ Laba dari factor Skill, Wages/ Upah dari Faktor Tenaga, Interest dari Factor Modal, Rent/ Sewa dari Faktor Alam 4 Disajikan beberapa gambar, siswa mampu memilih gambar yang tergolong faktor produksi tenaga kerja Faktor Produksi Tenaga Kerja ; Terdidik, Terlatih, Tidak terdidik dan tidak terlatih 5 Disajikan data contoh pasar output/pasar produk rumah tangga produsen, siswa dapat memilih contoh pasar output dalam rumah tangga produsen/perusahaan Pasar Output RTP berupa Barang dan Jasa 6 Disajikan pernyataan, siswa dapat menyebutkan 3 peran rumah tangga pemerintah 1. membelanjakan pendapatan negara untuk segala macam keperluan kebutuhan pemerintah 2. menyiapkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat 3. menjaga stabilitas ekonomi 7 Siswa dapat menentukan tujuan perdagangan antar pulau Pemerataan pembangunan, Distribusi barang/ jasa, Memperluas pemasaran 8 Siswa dapat menjelaskan pengertian impor dalam aktifitas perdagangan antar negara Membeli/ mendatangkan barang/ jasa dari luar negeri 9 Siswa dapat menyebutkan manfaat perdagangan negara Meningkatkan pendapatan, Mempererat persahabatan, Membuka lapangan kerja, Mendorong investasi, dll 10 Siswa dapat menentukan faktor yang mendorong perdagangan antar negara Perbedaan SDA/SDM, Perbedaan IPTEK, Perbedaan Selera, Perbedaan Kebutuhan, dll 11 Siswa dapat menjelaskan pengertian ekonomi kelautan Ekonomi yang bertumpu pada pengoptimalan/ pemanfaatan potensi laut 12 Siswa dapat menyebutkan pulau di Indonesia yang terkenal dengan kota garam Kota Madura 13 Disajikan beberapa data,siswa dapat menentukan pulau-pulau di Indonesia yang memiliki keindahan bawah laut Papua(Raja Ampat), Manado(Bunaken), Lombok, dan Bali 14 Siswa dapat menyebutkan posisi silang Indonesia diantara 2 samudera dan 2 benua Letak Geografis (diantara Samudera Indonesia dan S. Pasifik, diantara 2 Benua yaitu Benua Asia dan Australia) 15 Disajikan pernyataan, siswa dapat menetukan salah satu negara ASEAN yang tidak memiliki batas laut Negara Laos 16 Siswa dapat memilih penyataan yang tentang potensi laut Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya energi alternatif Ombak,panas air laut,pasang surut 17 Siswa dapat menentukan fungsi hutan mangrove 1. Menjaga garis pantai agar tetap stabil. 2. Melindungi pantai dan tebing sungai dari proses erosi atau abrasi, serta menahan atau menyerap tiupan angin kencang dari taut ke darat. 3. Tempat berkembang biak ikan. 4. Sebagai kawasan penyangga proses intrusi atau rembesan air laut ke darat, atau sebagai filter air asin menjadi tawar. 18 Disajikan data, siswa dapat memilih sumber daya nabati sebagi budidaya pangan Sumber karbohidrat, seperti: padi, ubi,singkong, jagung, dan kentang. Sumber lemak, antara lain: kacang tanah, kelapa, dan kelapa sawit. Sumber protein, diantaranya adalah kedelai, kacang hijau,kacang tanah,kacang panjang serta jenis kacang-kacangan yang lainnya. Sumber vitamin, yaitu: sayur-sayuran. negara indonesia contohnya yang bergantung pada alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari 19 Disajikan data, siswa dapat memilih alasan sektor pertanian sangat penting di Indonesia Mayoritas penduduk mata pencaharian petani, Tanah Indonesia sangat subur 20 Siswa dapat memilih cara penanaman tanaman untuk daerah yang rawan erosi Terasering, yaitu menanam tanaman dengan sistem berteras-teras untuk mencegah erosi tanah. Contour farming, yaitu menanami lahan menurut garis kontur, sehingga perakaran dapat menanam tanah. Pembuatan tanggul pasangan (guludan) untuk menahan hasil erosi. Contour plowing, yaitu membajak secara garis kontur sehingga alur horizontal. Contour strip cropping, yaitu bercocok tanam dengan cara membagi bidang-bidang tanah itu dalam bentuk sempit dan memandang dengan mengikuti garis kontur sehingga bentuknya berbelok-belok. Crop rotatica, yaitu usaha pergantian jenis tanaman supaya tanah tidak kehabisan salah satu unsur hara akibat diisap terus oleh salah satu jenis tanaman. Reboisasi, menanami kembali hutan-hutan yang gundul 21 Siswa dapat menentukan strategi untuk meningkatkan budidaya di sektor pertanian dengan kearifan lokal Ekofarming : peningkatan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah lingkungan Dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah di Indonesia 22 Siswa dapat mendiskripsikan redistribusi pendapatan Pemerataan pendapatan kepada seluruh rakyat 23 Disajikan data, siswa dapat menentukan program pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat BLT, BOS, BPJS, Jamkesmas 24 Siswa dapat menentukan tujuan pemungutan pajak 1) untuk membatasi konsumsi dan dengan demikian mentransfer sumber dari konsumsi ke investasi. (2) untuk mendorong tabungan dan menanam modal. (3) untuk mentransfer sumber dari tangan masyarakat ke tangan pemerintah sehingga memungkinkan adanya investasi sumber dari tangan masyarakat ke tangan pemerintah sehingga memungkinkan adanya investasi pemerintah. (4) untuk mmodifikasi pola investasi. (5) untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan (6) untuk memobilisasi surplus ekonomi 25 Disajikan data, siswa dapat menentukan prinsip pemungutan pajak 1. Prinsip keadilan (equity);artinya pajak yang dikenakan sebanding dengan kemampuan dan penghasilan wajib pajak.2. Prinsip kepastian (certainly);artinya pemungutan pajak dilakukan harus berdasarkan undang-undang, yaitu harus ada kejelasan, ketegasan, dan adanya jaminan hukum.3. Prinsip kelayakan (convience);artinya pemungutan pajak hendaknya tidak memberatkan wajib pajak sehingga wajib pajak merasa membayar pajak bukan sebagai paksaan namun sebagai kewajiban yang dilakukan dengan tulus.4. Prinsip ekonomi (economy)artinya biaya pemungutan dan pemenuhan kewajiban pajak bagi wajib pajak harus proporsional. Biaya pemungutan harus lebih rendah dari beban pajak yang harus dibayar. 26 Disajikan data, siswa dapat menyebutkan tujuan kedatangan bangsa barat ke Indonesia memilih negara yang melaksanakan revolusi industri Untuk mendapatkan bahan mentah/ bahan baku industry karena Indonesia kaya SDA 27 Siswa dapat memilih negara yang yang melaksanakan revolusi industri Inggris 28 Disajikan data, siswa dapat menentukan bangsa yang memelopori penjelajahan samudera memilih tokoh yang memindahkan kantor VOC Bangsa Pelopor penjelajah samudera : Portugis dan Spanyol Tokoh yang memindahkan Kantor VOC dari Ambon ke Batavia : Jean Pieterson Coen 29 Disajikan gambar, siswa dapat memilih tokoh yang memindahkan kantor VOC Fotone JP. Coen 30 Siswa dapat menyebutkan hak istimewa VOC Hak Octrooi : Mono Janji Angkat Pegawai Perang dengan Uang Pajak 31 Siswa dapat mendeskripsikan alasan Belanda datang ke Indonesia Mencari rempah-rempah, Menyebarkan agama Kristen, Menguasai Indonesia 32 Siswa dapat mengidentifikasi bentuk kerja rodi pada masa pemerintahan Daendels Membangun Jalan Raya Anyer-Panarukan 33 Siswa dapat menjelaskan kebijakan contingenten KEBIJAKAN CONTINGENTEN adalah kebijakan yang ditetapkan oleh VOC dimana rakyat diwajibkan untuk membayarkan pajak dalam bentuk hasil bumi. Kebijakan ini sifatnya wajib dan ditujukan untuk menjaga kas keuangan VOC. Dampak dari kebijakan ini adalah menambah buruk kehidupan rakyat saat itu karena hasil bumi yang mereka dapatkan pun berkurang karena harus diserahkan ke pihak VOC. 34 Siswa dapat mendeskripkan akibat program tanam paksa Dampak Negatif : -menyengsarakan rakyat Indonesia, -banyak rakyat indonesia yang meninggal akibat kelaparan, -Hasil pertanian rakyat harus diserahkan seluruhnya kepada pemerintah colonial Dampak Positif : Rakyat mengetahui jenis tanaman eksport 35 Siswa dapat mendeskripsikan tujuan Undang-Undang Agraria Melindungi hak milik petani atas tanahnya dari penguasaan pemodal asing. Memberi peluang kepada modal asing untuk menyewa tanah dari penduduk Indonesia. Membuka kesempatan kerja kepada penduduk Indonesia, terutama menjadi buruh perkebunan. 36 Siswa dapat menentukan siasat yang digunakan VOC Devide et Impera, Benteng Stelsel 37 Siswa dapat menentukan masalah kegagalan serangan prajurit Mataram ke Batavia Gudang perbekalan/ makanan tentara Mataram di bakar oleh Belanda 38 Siswa dapat menentukan cita-cita Sultan Agung semasa memerintah Mempersatukan seluruh tanah jawa.Mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara 39 Siswa dapat mendeskripsikan penyebab Belanda melakukan perundingan dengan kaum Paderi Awalnyakan terjadi perang saudara antara kaum padri dan kaum adat. belanda ini membantu kaum adat. karena itulah belanda terpaksa mangadakan perjanjian perdamaian dengan tuanku imam bonjol yg disebut perjanjian Masang dengan isi pokok ttg genjatan senjata antar kedua belah pihak. hal ini karna belanda ditarik ke jawa unk menghadapi perang diponegoro. tapi pada akhirnya perjanjian itu dilanggar oleh belanda sendiri 40 Siswa dapat mendeskripsikan taktik Benteng Stelsel yang digunakan Belanda Mengepung dari segala penjuru seperti banteng yang melingkar digunakan untuk menumpas perlawanan Diponegoro 41 Siswa dapat menyebutkan politik etis Edukasi/Pendidikan, Irigasi/Pengairan, Emigrasi/Perpindahan penduduk 42 Siswa dapat menentukan faktor pendorong lahirnya nasionalisme Indonesia A. Faktor internal (dari dalam) : 1. kejayaan bangsa indonesia sebelum kedatangan bangsa barat. 2. penderitaan rakyat akibat politik drainage (pengerukan kekayaan) 3. adanya diskriminasi rasial. 4. munculnya golongan terpelajar B. Faktor eksternal ( dari luar) : 1. kemenangan jepang terhadap rusia. 2. kebangkitan nasionalisme negara Asia- Afrika. 3. masuknya paham paham baru. 43 Disajikan data, siswa dapat mendiskripsikan tujuan pendirian Budi Utomo 1. memajukan pengajaran pendidikan 2. memajukan pengetahuan bidang pertanian, perdagangan serta peternakan daerah sekitar 3. mengenalkan serta memajukan eknik industri pada masyarakat sekitar 4. menghidupkan kembali kebudayaan masyarakat sekitar 44 Siswa dapat memilih sikap yang diteladani dari tokoh masa Kebangkitan Nasional Indonesia Rela berkorban demi Negara, Mengutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan pribadi, dll 45 Disajikan gambar, siswa dapat memilih tokoh pendiri organisasi Indische Partij (Tiga Serangkai) Douwes Dekker/ Multatuli, Suwardi Suryaningrat/ Ki Hajar Dewantoro, dr. Cipto Mangunkusumo 46 Disajikan data, siswa dapat menentukan Keputusan Kongres Sumpah Pemuda Berbangsa, Berbahasa, Bertanah air satu….Indonesia 47 Disajikan data, siswa dapat menentukan organisasi semi militer yang dibentuk Jepang Keibodan(Barisan Pembantu Polisi), Seinendan(Barisan Pemuda), Syuisintai(Barisan Pelopor), Fujinkai(Barisan Wanita), Hizbullah 48 Siswa dapat menetukan bentuk perlawanan yang bukan dilakukan bangsa Indonesia pada masa pendudukan Jepang Perlawan Melawan Jepang : 1. Aceh di Cot Plieng oleh Tengku Abdul Jalil 2. Singaparna/ Tasikmalaya oleh KH. Zaenal Mustofa 3. Indramayu di Jabar 4. PETA/ Pembela Tanah Air di blitar oleh Supriyadi 49 Disajikan data, siswa dapat memilih perubahan masyarakat Indonesia masa penjajahan bangsa barat di bidang sosial budaya 1. kenal dengan struktur pemerintahan 2. mengenal teknologi 3. banyak belajar dri strategi perang 4. bnyak belajar dri cara bertani 50 Siswa dapat menyebutkan perubahan masyarakat masa pemerintahan Jepang dalam aspek politik 1. sistem pemerintahan dibagi menjadi 3 wilayah kekuasaan 2. organisasi nonpemerintahan dibubarkan 3. kerja paksa (rumosha) dilakukan nutk menupang ekonomi 4. bahasa indonesia diwajibkan, bhs belanda di hapuskan 5 para remaja diwajibkan militer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar